Kamis, 10 Juli 2008

Sinar Mas Grup Dapat Suntikan Dana Rp150 Miliar

Penulis : Asep Toha
JAKARTA--MI: Sinar Mas Grup memperkuat lini usaha di sektor perbankan. Salah satunya dengan menyuntikan tambahan suntikan modal sebesar Rp150 miliar untuk kebutuhan ekspansi usaha dan pengembangan bank secara organik.

"Memang ada suntikan tambahan modal dari grup sebesar Rp150 miliar. Dari komitmen penambahan modal itu, diantaranya telah direalisasikan sebesar Rp75 miliar pada Mei lalu, sedangkan sisanya akan dikucurkan bulan ini," ujar Dirut Bank Sinarmas Tjendrawati Widjaja di Jakarta, Kamis (10/7).

Dengan tambahan modal tersebut, Tjendrawati mengatakan total modal perusahaan kini telah menjadi Rp425 miliar. Menurut dia, modal tersebut akan digunakan untuk melakukan ekspansi usaha dengan menambah 25 kantor cabang di Jawa dan luar Jawa. Sehingga langkah ini bisa mendongkrak aset perusahaan melalui peningkatan kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK).

Tjendrawati menambahkan, hingga Juni 2008 aset Bank Sinarmas telah mencapai lebih dari Rp6 triliun. Total aset ini terdongkrak peningkatan kredit yakni mencapai Rp3,7 triliun. Selain itu, kontribusi dana yang dihimpun dari masyarakat (DPK) yang mencapai Rp5 triliun. "Kami ingin meningkatkan aset melalui perluasan jaringan untuk menghimpun DPK dan penyaluran kredit," paparnya.

Sebelumnya, cikal bakal bank milik taipan Eka Tjipta Widjaja ini yakni Bank Shinta pada 2005 hanya memiliki aset Rp739 miliar. Namun, ditangan raksasa kertas dan sawit ini, perusahaan telah membukukan aset Rp2 triliun. Bahkan, hingga akhir 2007 bank Sinar Mas berhasil membukukan rekor pencapaian aset menjadi Rp6 triliun. (Toh/OL-03)

0 komentar: